miti bar

Wednesday, March 17, 2010

Temilnas 2010 FOSSEI: “Revitalisasi Entrepreneurship Ummat untuk Indonesia Sejahtera”

FOSSEI (Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam) pada 1-4 Maret yang lalu telah menyelenggarakan Temu Ilmiah Nasional (Temilnas) 2010 di Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara. Temilnas kali ini mengambil tema “Revitalisasi Entrepreneurship Ummat untuk Indonesia Sejahtera”. Rangkaian acara yang ada pada Temilnas 2010 ini antara lain sebagai berikut:
  1. Seminar Internasional
  2. Seminar Karir (Talk Show)
  3. Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI) 2010
  4. Olimpiade Ekonomi Islam 2010
  5. SETT (Syari'ah Economist Training for Trainer)
  6. Spiritual Entrepreneurship
  7. Field Trip
Ulasan berita mengenai Temilnas 2010 dapat dilihat di bawah:


FoSSEI Menggelar Temu Ilmiah Nasional ke IX di Medan
sumber: Waspada Online

MEDAN - Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (fossei) menggelar temu ilmiah nasional (temilnas) ke IX, yang digelar di Medan, dengan tema ”Revitalisasi entrepreneurship ummat untuk Indonesia sejahtera”.

Muhammad Barli, ketua panitia temilnas ke IX, menuturkan, tujuan dari kegiatan ini adalah agar tercapainya komunikasi yang efektif antara mahasiswa yang perduli dalam pengembangan dan pengkajian islam, serta untuk lebih menggalakkan sistem ekonomi syariah, dan menjadikan ekonomi Islam sebagai landasan dalam pola perekonomian di Indonesia.

“Tercapainya komunikasi yang efektif antara mahasiswa yang perduli dalam pengembangan dan pengkajian ekonomi Islam, merupakan cara untuk membudidayakan dan menerapkan ekonomi Islam di Indonesia,” ujarnya pada Waspada Online.

Dia menambahkan, kemampuan sistem ekonomi syariah dalam menghadapi badai krisis ekonomi yang dialami Indonesia sejak tahun 1998 dan krisis keuangan global tahun 2008 membuktikan bahwa sistem syariah adalah sistem yang lebih baik dibandingkan dengan sistem ekonomi yang selama ini kita anut.



Temilnas Soroti Gerak Perbankan Syariah
Sumber: Waspada Online

MEDAN – Perkembangan ekonomi syariah di Sumatera Utara semakin diperhitungkan. Hal ini terbukti dengan diadakan kegiatan temu ilmiah nasional (Temilnas) IX Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Medan yang dimulai hari ini hingga 4 Maret mendatang.
“Dewasa ini sistem perbankan Islam yang merupakan lokomotif gerakan ekonomi Islam di Indonesia mencapai kemajuan yang pesat,” tutur ketua panitia pelaksana Temilnas, Muhammad Barli kepada Waspada Online, sore ini.

Menurutnya, seiring berjalannya waktu, perkembangan perbankan syariah telah memasuki babak baru yang semakin berkembang dari yang hanya sekedar alternatif praktik perbankan syariah menjadi bagaimana bank syariah menempatkan posisinya sebagai pemain utama dalam persaingan ekonomi di Indonesia .

“Perbankan syariah memiliki potensi besar untuk menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam pilihan transaksi mereka,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Barli, meskipun perbankan syariah mengalami perkembangan yang pesat, sesuai dengan perkembangan ekonomi global dan semakin meningkatnya minat masyarakat, Ekonomi Islam masih harus menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan yang besar.
Maka dari itu, pelatihan dan edukasi yang intensif terhadap ekonomi Islam sangatlah diperlukan untuk menghadapi tantangan tersebut. Bukan hanya itu, pelatihan yang mendorong pertumbuhan ekonomi seperti pelatihan entrepreneurship juga mutlak dibutuhkan karena hal ini tentu memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan ekonomi umat di masa yang akan datang.

Comments :

0 comments to “Temilnas 2010 FOSSEI: “Revitalisasi Entrepreneurship Ummat untuk Indonesia Sejahtera””


Post a Comment

Related Posts with Thumbnails